Serda Aprilia Manganang Bakal Ubah Status KTP jadi Pria

By Admin GPMPI 10 Mar 2021, 11:54:46 WIB Olahraga
Serda Aprilia Manganang Bakal Ubah Status KTP jadi Pria

Manado, GPMPI.com - Sersan Dua (Serda) Aprilia Manganang yang dikenal publik sebagai mantan atlet bola voli putri kini tengah menjalani operasi korektif atau corrective surgery karena memiliki kelainan hipospadia di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta Pusat.

Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andika Perkasa menerangkan pihaknya bakal membantu untuk proses pengubahan status kelamin pada data kependudukan Aprilia menjadi laki-laki. Kelainan hipospadia telah dirasakan Aprilia sejak lahir pada 1992.

Pihak medis yang mengurus kelahirannya saat itu menyatakan kalau Aprilia merupakan bayi perempuan.

Padahal Aprilia adalah seorang anak laki-laki yang memiliki kelainan hipospadia atau kondisi lubang kencing penisnya terletak pada bagian bahwa organ.

“Karena anak ini lahir dengan kelainan sistem reproduksinya dan kebetulan masuk ke dalam kategori 10 persen yang kasusnya serius. Jadi hipospadia ini mayoritas atau 90 persen tidak serius kemudian yang 10 persen serius,” kata Andika dalam konferensi persnya di Mabes TNI AD, Jakarta Pusat seperti diberitakan Suara.com jaringan BeritaManado.com, Selasa (9/3/2021).

“Inilah yang kemungkinan membuat paramedis atau orang tua melihat hanya secara fisik bahwa anak ini perempuan,” tambah Andik. Karena itu, ia tumbuh besar sebagai perempuan tetapi dengan tubuh bak pria seutuhnya.

Sempat mengalami perundungan selama hidupnya membuat Aprilia pun merasa tidak nyaman dengan kondisinya tersebut.

Sampai pada akhirnya, Andika memberikan bantuan kepada Anggota Korps Wanita Angkatan Darat (Kowad) tersebut untuk menjalani dua kali tindakan korektif atau corrective surgery di RSPAD Gatot Subroto.

Aprilia baru selesai menjalani corrective surgery yang pertama dan masih menjalani proses pemulihan.

Bersamaan dengan itu, Andika menyebut pihaknya akan membantu proses perubahan data kependudukan Aprilia yang sebelumnya tertulisnya berjenis kelamin wanita menjadi pria.

“Yang jelas Direktur Hukum Angkatan Darat, Brigjen Tetty sudah menyiapkan seluruh dokumen-dokumen untuk kita membantu Sersan Manganang untuk mendapatkan apa yang diinginkan,”ungkapnya. Demikian BeritaManado.com

Foto: Suara.com

 




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Loading....



Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Siapakah Ketua Gerakan Perempuan Merah Putih Indonesia
  REV. DR SITI HADIJAH , D MIN, DTH
  Dra. Hj. Khofifah Indar Parawansa, M.Si
  Puan Maharani
  Siti Nurbaya Bakar
  Yohana Yembise

Komentar Terakhir

Video Terbaru

View All Video