Ketua GPMPI : Masyarakat Ingin Bukti Kejujuran Politisi

By Admin GPMPI 20 Agu 2020, 22:00:53 WIB GPMPI
Ketua GPMPI : Masyarakat Ingin Bukti Kejujuran Politisi

Jakarta, GPMPI.com - Dalam realitas politik di banyak negara termasuk Indonesia, terdapat persoalan dalam  masalah peran dan posisi gender antara laki-laki dan wanita. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa kendala yang dihadapi oleh kader wanita itu sendiri, di antaranya, yakni kesulitan wanita dalam membagi waktu antara  kegiatan partai dan keluarga, serta pemahaman dan wawasan politik yang dimiliki kader wanita masih kurang terhadap dunia politik yang mereka masuki tersebut.

Presiden ke 5 RI Megawati Soekarnoputri menyoroti masih minimnya para wanita Indonesia dalam bidang politik. Dia menyebut saat ini memang sudah banyak organisasi bagi perempuan Indonesia. Namun, hal tersebut belum cukup mampu mendorong para perempuan terjun ke ranah politik. "Tetapi masih sangat kurang wanita-wanita yang berani terjun di bidang politik. Tentunya yang harus kita lihat kendalanya itu apa," ujar Presiden ke 5 RI ini.

Ketua Dewan Pimpinan Nasional Gerakan Perempuan Merah Putih Indonesia (Depinas - GPMPI) Rev DR. Siti Hadijah, DMin, DTh menyatakan persetujuannya dengan pendapat Megawati Soekarnoputri tersebut. Menurutnya, rendahnya partisipasi perempuan dalam politik karena masih kurangnya pengetahuan tentang "Apa itu politik". "Banyak perempuan Indonesia yang melakukan pekerjaan dan kegiatan sosial tapi tidak turun dalam kancah politik karena tidak paham dengan manfaat politik," ujarnya.

Selain itu, lanjutnya, Masyarakat juga ingin melihat bukti kejujuran para politisi sehingga dapat menjadi teladan khususnya bagi kaum perempuan. "Harapan terakhir adalah para politik bisa memberikan arahan kepada masyarakat dengan hati yang tulus ikhlas, berjuang bersama, bukan untuk kepentingan pribadi dan bukan untuk kepentingan partai," lanjutnya.

Untuk itu, Siti Hadijah mendorong para perempuan untuk memahami pentingnya politik dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Menurutnya, GPMPI yang dimotorinya sejalan dengan tekad untuk mendorong partisipasi aktif para perempuan dalam politik seperti yang tertuang dalam visi dan misi organisasi.

GPMPI sendiri memiliki misi untuk melestarikan nilai-nilai Merah Putih melalui aspek edukasi, pelatihan,  sosialisasi dan aksi implementasi. Memotivasi masyarakat untuk mengembangkan nilai-nilai Merah Putih melalui pemahaman dan implementasi Pancasila, UUD 1945, Sumpah Pemuda 1928, Bhineka Tunggal Ika, NKRI dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Dan Menumbuhkembangkan rasa penghormatan terhadap nilai-nilai keberagaman, nilai persatuan dan kesatuan, serta penghargaan sekaligus mendinamisasi nilai-nilai kearifan Nusantara demi memperkukuh peradaban bangsa di tengah pesatnya kemajuan zaman.

Menurut Siti Hadijah, politik mampu menciptakan kekuasaan dalam masyarakat maupun pemerintah yang demokratis sehingga mensejahterakan seluruh masyarakat Indonesia. " Politik akan melindungi hak-hak semua warga negara Indonesia dan menjamin terlaksananya kewajiban-kewajiban warga negara serta Menjaga kehidupan sosial yang seimbang untuk kemajuan bangsa," tandasnya

Untuk itu, tujuan mulia politik ini harus secara masif digelorakan melalui gerakan-gerakan seperti GPMPI. "Majulah bangsaku, Majulah negeriku, Majulah kaum perempuan Indonesia " Pasti Bisa !" Tutupnya.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Write a comment

Ada 1 Komentar untuk Berita Ini

  1. heriawan 21 Agu 2020, 01:42:07 WIB

    Maju terus perempuan indonesia

View all comments

Write a comment

Loading....



Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Siapakah Ketua Gerakan Perempuan Merah Putih Indonesia
  REV. DR SITI HADIJAH , D MIN, DTH
  Dra. Hj. Khofifah Indar Parawansa, M.Si
  Puan Maharani
  Siti Nurbaya Bakar
  Yohana Yembise

Komentar Terakhir

Video Terbaru

View All Video