Sejarah

By Admin GPMPI 13 Feb 2020, 00:06:28 WIB

Gerakan Perempuan Merah Putih didirikan dan dibentuk oleh Generasi Penerus Perjuangan Merah Putih 14 Februari 1946 (GPPMP 14.06.46) sesusi amanat Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga. Gerakan Perempuan Merah Putih merupakan wadah berhimpun kaum perempuan nasionalis pro Merah Putih yang posisinya 'in-body' di dalam organisasi GPPMP.

Gerakan Perempuan Merah Putih selanjutnya disingkat GPMP, seperti GPPMP, adalah organisasi yang berlandaskan dan berazaskan Pancasila. GPMP dideklarasikan oleh Dewan Pimpinan Pusat (DPP) GPPMP disaksikan pihak Kementerian Pemberdayaan dan Perlindungan Perempuan dan Anak (Kementerian PPPA), pada hari Sabtu, tanggal 31 Agustus 2019 di Taman Mini Indonesia Indah.

Di tingkat nasional, dibentuk Dewan Pengurus Pusat (DPP) GPMP berdasarkan Surat Keputusan (SK) dari DPP GPPMP. DPP GPMP berkedudukan di ibukota negara dan Dalam kiprah joangnya, DPP GPMP membentuk Dewan Pengurus Daerah (DPD) GPMP di seluruh provinsi dan Dewan Pengurus Cabang (DPC) di kabupaten/kota se-Indonesia.