Dubes Indonesia di Filipina Sinyo Sarundajang Meninggal

By Admin GPMPI 13 Feb 2021, 12:00:39 WIB Tokoh
 Dubes Indonesia di Filipina Sinyo Sarundajang Meninggal

Jakarta, GPMPI.com -Duta Besar Republik Indonesia untuk Republik Filipina Sinyo Harry Sarundajang (SHS) meninggal dunia dalam usia 76 tahun di Jakarta, pada Sabtu (13/2/2021) pukul 00.31 WIB dinihari.

Sinyo Sarundajang yang pernah menjabat gubernur Sulawesi Utara dua periode, pada 2005-2010 dan 2010-2015, meninggal saat dalam perawatan di UGD Mochtar Riady Comprehensive Cancer Centre (MRCCC) Siloam Hospitals Semanggi, Jakarta.

“Puji Tuhan, papa meninggal didampingi istri, sebagian anak-anak, dan cucu-cucu yang berada di Jakarta. Papa meninggal di UGD MRCCC Siloam Hospitals Semanggi,” kata Vanda Sarundajang, anak kedua Sinyo kepada Beritasatu.com di Jakarta, Sabtu (13/2/2021).

Filipina Bantu Korban Gempa Palu

Vanda yang juga anggota DPR asal Sulawesi Utara mengungkapkan bahwa keluarga berencana membawa jenazah Sinyo ke Manado, Sulawesi Utara pada Minggu (14/2/2021) setelah disemayamkan semalam di Rumah Duka RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta.

“Rencananya, jenazah papa akan dibawa ke Manado untuk dimakamkan di kampung halamannya di Desa Kawangkoan, Kabupaten Minahasa, pada Selasa (16/2/2021).

Menurut Vanda, Sinyo Sarundajang meninggal akibat penyakit kanker yang dideritanya sejak beberapa waktu terakhir. Sinyo yang pernah menjadi CEO BeritaSatu Media Holdings (BSMH) sempat menjalani perawatan di Manila, Filipina dan Jakarta. Kondisi kesehatannya menurun sejak tiga bulan terakhir.

“Sejak tiga bulan bekalangan ini kondisi papa terus menurun. Papa sempat merayakan Natal dan Tahun Baru 2021 bersama keluarga besar di Manado, tetapi kondisinya terus menurun,” jelas Vanda.

Selama menjadi duta besar Indonesia untuk Filipina pada 2018-2021, Sinyo berjasa menyelamatkan warga negara Indonesia (WNI) yang disandera kelompok Abu Sayyaf di Filipina.

Perkawinan Sinyo Sarundajang dan Deetje Adelin Sarundajang Laoh Tambuwun pada 1969 dikaruniai lima orang anak, yaitu Steven Sarundajang, Vanda Sarundajang, Fabian Sarundajang, Shinta Sarundajang, dan Eva Sarundajang. Demikian BeritaSatu.com

Foto : istimewa




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Write a comment

Ada 1 Komentar untuk Berita Ini

View all comments

Write a comment

Loading....



Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Siapakah Ketua Gerakan Perempuan Merah Putih Indonesia
  REV. DR SITI HADIJAH , D MIN, DTH
  Dra. Hj. Khofifah Indar Parawansa, M.Si
  Puan Maharani
  Siti Nurbaya Bakar
  Yohana Yembise

Komentar Terakhir

Video Terbaru

View All Video